makanan khas maluku

  1. Kopi Sibu-sibu
Kopi Sibu-sibu
Mungkin menu sajian maluku yang akan kita bahas sesaat lagi bukan merupakan sebuah makanan, akan tetapi minuman yang terkenal dengan nama Kopi Sibu-sibu. Minuman khas maluku yang satu ini merupakan sebuah jenis kopi robusta yang di proses dengan cara tradisional sesuai dengan sejarah minuman Kopi Sibu-sibu ini di Maluku sana dan untuk proses penghalusannya juga menggunakan proses yang tradisional.
Rasa dari minuman khas maluku ini sangat enak, hal ini di karenakan Kopi Sibu-sibu ini di dalamnya terdapat campuran biji ketapang muda dan bubuk cengkeh yang di haluskan. Tentu sangat berbeda dengan kebanyakan kopi yang ada di Pulau Jawa, dari rasa dan cara membuatnya sangat berbeda. Jadi tunggu apa lagi jika anda sedang berkunjung ke Maluku, rasanya wajib untuk mencoba minuman khas maluku Kopi Sibu-sibu ini.
  1. Gohu Ikan
Gohu Ikan
Makanan khas maluku yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat wajib untuk anda coba ketika anda sedang berada di maluku. Makanan khas maluku ini di kenal dengan nama Gohu Ikan yang merupakan sebuah makanan yang di buat dari ikan tuna, dari bahan dasarnya saja kita sudah tahu betapa enaknya makanan khas maluku yang satu ini. Makanan ini juga di kenal dengan nama Sashimi Ternate yang lezat.
Gohu Ikan ini di buat dengan cara daging tuna yang di potong dengan ukuran kecil, kemudian di campur dengan perasan lemon dan garam. Setelah itu di campur dengan daun kemangi yang telah di rajang kecil. Langkah berikutnya yakni menumis cabe rawit, bawang merah dan minyak kelapa. Setelah di rasa panas, kini saatnya mencampurkan ikan tuna dengan tumbukan kacang tanah goreng yang akan menghasilkan cita rasa luar biasa.
  1. Ikan Kuah Pala Banda
Ikan Kuah Pala Banda
Jangan lupa untuk mencoba makanan khas maluku yang satu ini, di kenal dengan nama Ikan Kuah Pala Banda, makanan khas maluku yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari masyarakat kepulauan banda. Yang sangat istimewa dari Ikan Kuah Pala Banda ini adalah kuahnya yang sangat lezat, hal ini di karenakan makanan khas banda ini kaya dengan bumbu rempah yang sudah terkenal sejak jaman dulu.
Ikan Kuah Pala Banda ini dulunya bahkan di sajikan untuk para orang-orang besar yang datang ke kepulauan banda. Rasa kuah sop yang hadir di Ikan Kuah Pala Banda ini sangat segar, perpaduan pedas asam dari makanan khas maluku ini datang dari buah pala yang memang sangat terkenal di sana. Kombinasi dari Ikan Kuah Pala Banda ini yakni di sajikan bersama dengan ikan kakap merah bakar, sambal bekasang dan urap daun pepaya.
  1. Nasi Lapola
Nasi Lapola
Dari obrolan banyak orang, ternyata makanan khas maluku yang satu ini wajib untuk di masukkan dalam daftar makanan khas maluku yang di bahas dalam situs kuliner halomuda.com. Makanan yang di kenal dengan nama Nasi Lapola ini merupakan makanan yang di buat dengan menggunakan bahan dasar yakni kacang tolo. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas maluku terpopuler dan terkenal.
Cara membuat dari makanan khas maluku yang di kenal dengan nama Nasi Lapola ini yakni kacang tolo yang di masak bersama dengan beras, garam dan kelapa parut, setelah itu makanan yang satu ini di aduk hingga rata. Tentu langkah berikutnya adalah memasak makanan Nasi Lapola ini dengan cara di kukus sampai matang dan siap untuk di hidangkan di tengah-tengah pencinta makanan khas maluku.
  1. Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar
Masakan ikan memang sangat terkenal di Maluku sana, salah satu makanan khas maluku yang terkenal adalah sebuah makanan yang di kenal dengan nama Ikan Komu Asar. Makanan yang satu ini sepertinya wajib untuk anda cicipi bagi anda yang memang benar-benar ingin mencoba kekayaan makanan khas yang ada di seluruh indonesia. Ikan Komu Asar

Komentar