minuman khas jawa barat

1. Es Goyobod
Es Goyobod merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Bahan dasar es ini yaitu goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe bertekstur kenyal. Goyobod tersebut dipotong kecil-kecil lalu kemudian dicampur dengan santan, gula cair dan kelapa muda. Terkadang juga ditambahkan variasi makanan lainnya seperti potongan alpukat, kolang kaling, tapai singkong, dan lain-lain. Es ini memiliki rasa yang manis dan segar, sangat cocok diminum siang hari dan saat berbuka puasa.
Es Goyobod

2. Es Oyen

Es Oyen adalah es yang paling terkenal di Jawa Barat, bahkan es ini juga banyak dijajakan di luar Pulau Jawa. Es yang telah dijual sejak tahun 1954 ini terdiri dari bermacam-macam buah-buahan, seperti jagung, alpukat, kelapa muda, pacar cina dan aneka buah lainnnya. Aneka buah tersebut lalu ditambahkan es batu dan susu kental manis. Rasanya yang segar dan manis membuat kenikmatannya tak lekang oleh waktu.
Es Oyen

3. Es Cendol Elizabeth
Es Cendol Elizabeth terdiri dari bulir-bulir berwarna hujau yang dicampur santan dan gula merah cair yang kental. Bulir-bulir tersebut terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna daun suji. Es Cendol Elizabeth banyak dijumpai di warung-warung maupun di pinggir jalan raya. Bahan-bahannya yang masih alami membuat kesegaran dan rasa manis es ini sangat pas. Di Jawa Tengah, Es Cendol Elizabet dikenal dengan nama Es Dawet.

Es Cendol Elizabeth

4. Es Mambo
Es Mambo merupakan minuman beku yang terbuat dari campuran tepung maizena, susu kental manis, gula dan air. Es yang berbentuk batangan ini disajikan aneka pilihan rasa diantaranya strawberry, cokelat, anggur, dan berbagai rasa lainnya. Sebelum adanya es krim, es mambo ini sangat terkenal dan digemari anak-anak. Rasanya yang manis, enak dan segar membuat siapa saja ingin mencicipi minuman khas Jawa Barat ini.

Es Mambo

5. Yogurt Cisangkuy
Berbeda dengan rasa yogurt pada umumnya, Yogurt Cisangkuy mempunyai rasa yang tak terlalu asam. Jika ingin mencobanya, anda bisa mampir ke Bandung Utara, tepatnya di Jalan Cisangkuy No. 85. Di sana tersedia Es Yogurt Cisangkuy dengan 25 varian rasa berbeda. Cara penyajiannya juga dibedakan menjadi juice, non-juice dan special juice. Minuman ini sangat nikmat dinikmati pada siang hari ditengah hembusan semilir angin yang sejuk.

Yogurt Cisangkuy

6. Mango Dessert Kedai Ling-Ling
Kedai Ling-ling terletak di Jalan Sukajadi No. 157. Di kedai itu menjual beberapa makanan Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki juga aneka minuman seperti dessert atau es buah, salah satunya Mango Dessert. Mango Dessert yaitu semacam es buah yang terdiri dari juice buah mangga asli dengan topping jelly aneka warna yang diletakkan dalam wadah plastik. Campuran sedikit rasa asam dan manisnya membuat Mango Dessert terasa nikmat, lembut dan segar. Harga yang bersahabat membuat minuman ini menjadi menu favorit di Kedai Ling-Ling.

Manggo Dessert

Itulah aneka minuman khas Jawa Barat yang terkenal enak dan segar. Penasaran kan ingin mencobanya? Ya, sebaiknnya anda memang menyempatkan diri mencoba dan mendatangi kedai-kedai penjual berbagai minuman diatas. Rasa nikmat dan segarnya sudah pasti tak bisa anda lupakan.

Komentar